Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit dikenal sebagai obat herbal yang sering dicampurkan dalam minuman dan dijadikan jamu untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Kunyit adalah rempah yang juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Kunyit mengandung senyawa aktif yang berwarna kuning yaitu curcumin, yang bisa dijadikan pewarna makanan dan bumbu pada masakan. Curcumin menjadikan kunyit sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Kandungan aktif curcumin merupakan antioksidan alami dan antiinflamasi yang membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, peradangan, dan memperlambat penuaan dini.

Berikut Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan.

  1. Mencegah Kanker

Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam curcumin dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker. Curcumin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang merusak sel akibat radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Curcumin secara selektif dapat menargetkan sel-sel kanker dan menghambat kemunculan dan pertumbuhan tumor.

  1. Mengobati Maag

Kunyit sudah dikenal sejak dulu sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maag dapat muncul dipicu oleh timbulnya luka lambung akibat infeksi lambung, efek curcumin dapat mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari irisan-irisan tersebut meningkatkan produksi lendir dinsing lambung.

  1. Mengurangi Migrain

Migrain disebabkan oleh peradangan pembuluh darah diluar otak yang menyebabkan rasa sakit berdenyut-denyut dikepala. Kunyit mampu mengurangi rasa sakit akibat migrain dan menghambat stres oksidatif dalam tubuh berkat kandungan antiinflamasi.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Kandungan curcumin kunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram, Curcumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang mampu menghambat pembelahan sel lemak dengan mengurangi jumlah darah yang mengalir ke sel-sel ini. Karena kurangnya nutrisi yang masuk dari darah ke sel-sel lemak ini. Kunyit juga bisa mengurangi cairan empedu di dalam perut. Cairan empedu berfungsi mencerna dan membantu mengemulsi lemak dan metabolisme.

  1. Meredakan Peradangan

Zat aktif curcumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung antiradang poten. Kurkumin diyakini mampu memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bisa meredakan peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami dikelenjar adrenal.

Jadi itu beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan, harus dicoba untuk menjaga tubuh kita supaya selalu sehat dan mencegah penyakit-penyakit yang tidak di inginkan. Sekian artikel ini semoga bermanfaat. Terimakasih.

23

No Responses

Write a response