Hindari 10 Makanan Ini Pada Saat Anda Hamil

Bagi ibu hamil muda, apalagi yang pertama kali mengandung. Menjaga kesehatan kehamilan adalah hal yang sangat penting. Ibu yang sedang hamil muda jelas harus lebih berhati hati dalam beraktivitas dan memilih makanan apa saja yang dikonsumsi. Karena asupan anda setiap harinya pun menjadi sumber energi bagi tumbuh kembang anak didalam rahim.

makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamilTerdapat 10 makanan yang dapat menyebabkan risiko buruk jika anda mengkonsumsinya. Untuk itu, hindari beberapa makanan berikut pada saat anda sedang hamil:

  1. Jus peras segar

Konsumsi jus segar dan didapat langsung dari buahnya memang membuat badan lebih segar. Namun ternyata, ada resiko terdapat bakteri E.Coli dan Salmonella didalamnya. Hal ini tentu berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Karenanya, anda boleh membeli jus kemasan karena biasanya jus ini sudah melalui proses pasteurisasi. Yang terpenting adalah cek label setiap kemasan jus untuk menghindari hal hal tersebut.

  1. Sushi mentah

Beberapa jenis sushi disajikan dengan bahan mentah seperti ikan yang bahkan tidak dibekukan atau tidak melalui proses khusus agar aman dimakan. Hal ini memungkinkan sushi tersebut mengandung parasit yang bisa mengakibatkan suatu penyakit muncul, bahkan pada ibu hamil. Sebab itu, sangatlah penting untuk konsumsi makanan laut atau daging yang sudah matang sempurna untuk menghindari hal hal tersebut.

  1. Adonan mentah

Saat ingin  membuat kue atau roti, pasti anda terkadang mencicipi adonan tersebut untuk memastikan bahwa rasanya enak. Ternyata, hal ini pun tidak boleh dilakukan oleh ibu yang sedang hamil karena adonan tersebut pasti menggunakan telur. Jika adonan ini dicicipi walaupun sedikit apapun, bakteri salmonella bisa saja masuk kedalam tubuh.

Salmonella sendiri bisa menjadi sumber berbagai penyakit untuk ibu dan buah hatinya di dalam kandungan. Untuk itu, hindarilah mencicipi adonan mentah pada saat anda sedang hamil.

  1. Kecambah mentah

Kumpulan jenis kecambah seperti touge, kacang hijau, dan lobak banyak memiliki kandungan bakteri, terutama di bijinya. Untuk itu, hindari konsumsi kecambah mentah pada saat sedang mengandung untuk menghindari hal hal tersebut.

  1. Kerang mentah

Menu mentah ini meningkatkan resiko kandungan bakteri, virus, racun, dan hal buruk lainnya. Sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi pada saat mengandung yaa….

  1. Alkohol

Alkohol sebenarnya bukan pilihan terbaik untuk dikonsumsi selama sedang hamil. Hal ini dapat dikarenakan dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan dan kelahiran, seperti keguguran, lahir prematur, berat lahir rendah dan lain lain. Konsumsi alkohol pada masa khamilan juga diketahui dapat menyebabkan syndrom alkohol janin sehingga anak bisa lahir dengan kodisi cacat nantinya.

  1. Telur mentah

Telur mentah dalam bentuk apapun misalnya didalam adonan, saus, dimasak sebagai eggnog atau jenis lainnya dapat menyebabkan infeksi karena adanya salmonella.

  1. Kelebihan kafein

Konsumsi minuman berkafein menjadi hal penting untuk banyak orang. Baik itu teh, kopi, coklat, soda, dan minuman dingin lainnya sering diminum untuk sekedar relaksasi sesaat. Tetapi untuk ibu hamil, sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi minuman berkafein secara berlebihan ya. Ingat!, takaran maksimal yang bisa dinikmati ibu pada saat hamil hanya 200 gr per hari.

  1. Ikan laut yang kaya merkuri

Ikan laut termasuk dalam makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk kehamilan. namun, pastikan ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi ikan laut yang mengandung merkuri karena bisa memicu gangguan pertumbuhan otak dan gangguan motori pada janin.

  1. Daun pepaya

Pakar kesehatan menyebutkan jika daun pepaya ternyta bisa memicu ari‚Äďari janin menjadi lebih rapuh jika dikonsumsi pada usia 2 minggu pertama kehamilan.

Itulah 10 makanan yang tidak boleh atau tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Semoga dapat membantu anda.

4

No Responses

Write a response