makanan penurun tekanan darah tinggi

8 Makanan Ampuh Penurun Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau dalam bahasa kita disebut tekanan darah tinggi merupakan satu penyakit yang perlu diwaspadai. Pasalnya penyakit ini tidak bisa kita lihat secara kasat mata, dan tidak ada gejala yang khas. Terkadang kita tidak merasakan apapun, namun setelah diperiksa ternyata tekanan darah kita tidak normal. Ada banyak cara menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi. Apa saja ? Simak ulasannya berikut ini.

Darah Tinggi atau hipertensi hanya dapat diketahui secara pasti dengan melakukan pengukuran menggunakan alat pengukur tekanan darah atau tensimeter. Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi apabila hasil pengukuran menunjukan angka diatas normal. Tekanan darah normal untuk orang Indonesia berkisar 120/80 mmHg. Jadi ketika tekanan darah anda melebihi salah satu diantara dua angka tersebut, maka anda dapat dikatakan mengalami tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi harus kita waspadai dan harus segera diatasi. Karena, dapat memicu munculnya gangguan kesehatan lain yang lebih serius seperti penyakit jantung, ginjal dan sejenisnya. Menurunkan tekanan darah dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan herbal penurun darah tinggi berikut ini :

8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Inilah beberapa jenis makanan yang dapat kita jadikan alternatif cara menurunkan tekanan darah tinggi yang alami.

√ Buah – Buahan

Ada beberapa jenis buah yang terbukti memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut diantaranya :

1. Mengkudu

Rasa buah Mengkudu memang tidak senikmat dan semanis buah lainnya, namun jangan salah. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yaitu dapat menurunkan hipertensi atau darah tinggi. Mengkudu mengandung Xeronine dan Fitonutrien Scopoletin yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah akan menurun.

2. Buah Bit

Buah Bit juga termasuk jenis buah yang bisa menurunkan darah tinggi, pasalnya buah ini mengandung nitrat yang cukup tinggi. Sebagaimana kita ketahui, zat ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Bahkan meminum jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam waktu sekejap. Manfaat buah Bit memang sudah cukup terkenal, bahkan tidak hanya itu saja. Ada cukup banyak khasiat buah ini, khususnya untuk kesehatan.

3. Pisang

Selain kadar garamnya yang sangat sedikit, pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Oleh karena itu pisang termasuk buah yang bagus untuk menurunkan darah tinggi. Kalium dalam darah memiliki manfaat untuk menyeimbangkan peran sodium dalam tubuh. Pisang juga aman dikonsumsi untuk anda yang diet darah tinggi. Karena kadar sodium rendah, namun masih tetap memiliki kadar kalium yang tinggi.

√  Sayuran

Jenis makanan penurun darah tinggi selain buah – buahan yaitu sayuran. Saya yakin kita semua setuju bahwa sayuran merupakan salah satu bahan makanan sehat yang kita butuhkan setiap hari. Manfaat serat yang ada di dalam sayuran, ternyata bisa juga berdampak positif pada tekanan darah. Inillah beberap jenis sayuran yang baik untuk hipertensi.

1. Bayam

Bayam merupakan bahan makanan penurun darah tinggi yang cukup baik. Bayam memiliki kandungan sodium yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, bayam juga mengandung kalium dan magnesium yang dapat mengontrol dan menstabilkan tekanan darah. Namun perlu diingat, kita tidak diperbolehkan mengkonsumsi bayam yang sudah lebih dari 5 jam.

2. Kedelai

Mungkin kita lebih tepat menggolongkan kedelai ini ke dalam jenis kacang – kacangan. Namun tidak mengapa, kedelai juga bisa kita sebut sebagai sayuran. Kedelai juga bisa kita konsumsi sebagai alternatif makanan penurun darah tinggi, pasalnya bahan makanan ini mengandung isoflavon yang berperan untuk melebarkan pembuluh darah dan juga memicu pelepasan oksida nitrat.

Selain itu, kedelai juga mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk penderita hipertensi. Sebagaimana sudah kita ketahui diatas, kalsium memiliki manfaat untuk menyeimbangkan natrium dalam darah sehingga tidak berlebih.

3. Tomat

makanan penurun darah tinggi

Tomat termasuk sayuran penurun darah tinggi. Hal ini tentu saja terkait dengan kandungan yang ada di dalamnya. Tomat mengandung banyak vitamin B6 dan juga folat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan potassium yang tinggi amat baik untuk mengontrol tekanan darah dan menormalkannya. Untuk mengkonsumsinya, anda bisa memakannya langsung, atau membuatnya menjadi jus.

√  Herbal

Selain mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran, anda juga bisa mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi lainnya yang berasal dari herbal di sekitar kita. Berikut beberapa jenis makanan herbal untuk darah tinggi.

1. Jahe

Dibalik rasanya yang pedas ternyata terdapat manfaat untuk kesehatan kita. Kandungan zat yang terdapat di dalam jahe dapat melepaskan hormone adrenalin yang dapat melebarkan pembuluh darah. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan rimpang jahe mengandung sifat hipoglikemik yaitu penurun tekanan darah. Yang berperan dalam hal ini adalah senyawa oles-resin.

Lihat selengkapnya : Manfaat jahe untuk kesehatan

2. Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih ternyata tidak hanya sebagai bumbu masak yang super. Bawang Putih ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya sebagai herbal penurun tekanan darah tinggi. Senyawa aktif allicin yang terdapat dalam Bawang Putih ternyata dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah menurun.

Tidak berhenti sampai di sini, masih ada cukup banyak makanan penurun darah tinggi lainnya yang bisa anda manfaatkan sebagai alternatif alami. Namun 8 jenis atau bahan makanan yang sudah kita uraikan diatas bila anda konsumsi dengan rutin dengan cara yang benar InsyaAlloh tekanan darah anda akan berangsur – angsur menurun. Hal ini tentu saja diimbangi dengan diet sehat untuk penderita hipertensi. Sekian, semoga bermanfaat.

10

No Responses

Write a response