manfaat jahe merah untuk kesehatan

5 Rahasia Manfaat Jahe Merah Yang Harus Anda Tahu

Manfaat jahe sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Kandungan zat – zat yang ada di dalam tanaman rimpang ini memiliki banyak khasiat khususnya untuk kesehatan manusia. Salah satu manfaatnya untuk vitalitas dan kejantanan pria. Segudang manfaat lainnya dan cerita seputar jahe akan akan kita bahas panjang lebar di sini. So, jangn kemana – mana dan silahkan lanjutkan membaca.

Terdapat banyak jenis tanaman Jahe di Indonesia. Ada jahe gajah, jahe emprit, jahe lokal dan yang paling tenar yaitu Jahe Merah. Manfaat jahe merah sangat menarik untuk kita bicarakan karena jahe ini memiliki kandungan yang jauh lebih lengkap dan banyak dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Diantaranya yang sudah sedikit saya sebutkan diatas yaitu berkhasiat untuk vitalitas pria.

Dalam ilmu biologi nama latin jahe merah yaitu Zingiber Officinale Linn Var. Rubrum. Orang Indonesia khususnya jawa menyebutnya dengan istilah jahe wulung atau jahe kunti. Sedangkan di daerah Aceh disebut dengan jahe barah. Jahe berkembang biak dengan rizoma atau rimpang yaitu sebagian batang yang tumbuh sedikit di permukaan tanah. Rimpang tersebut memiliki mata tunas, dan dari situ tumbuhlah batang dan daun.

Kandungan Zat dalam Jahe Merah

Berbicara Manfaat Jahe Merah kita tidak bisa lepas dari kandungan zat – zat yang terdapat didalamnya. Sebagaimana jenis tanaman jahe lainnya, jahe merah juga memiliki kandungan yang sama, hanya saja porsinya jauh lebih banyak dibandingkan jenis jahe lainnya. Diantara kandungan zat yang terdapat di dalam jahe merah antara lain Gingerol, zingerone, shogaol, palmitic acid, oleic acid, caprylic acid, lesitin, gingerglycolipids (A, B, C) juga mengandung protein dan asam amino.

Perbedaan Jahe Merah dibanding Jahe Biasa

Sudah sedikit kita kemukakan diatas, jahe merah memiliki kandungan zat yang sama dengan jenis lainnya namun terdapat sedikit perbedaan yaitu pada jumlah zat yang terkandung di dalamnya. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri dan gingerol serta oleoresin lebih tinggi dibandingkan dengan jahe lainnya (jahe gajah dan jahe emprit).

Jahe Merah memiliki kandungan minyak atsiri 2,58% – 2, 72 %, sedangkan untuk jahe Gajah sekitar 0,82% – 1,68 %, dan untuk jenis Jahe Emprit memiliki kandungan minyak atsiri sebesar 1,5 % – 3,3%. Selain itu, perbedaan jahe Merah dengan jahe lainnya yaitu kandungan kimia tertentu yang banyak digunakan untuk membuat bahan – bahan herbal kesehatan.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

manfaat jahe merah untuk kesehatan

Setelah kita mengenal tentang kandungan zat dalam Jahe merah dan juga perbedaanya dibandingkan dengan jenis lainnya. Sekarang kita masuk pada manfaat jahe merah bagi kesehatan. Apa saja itu, diantaranya sebagai berikut.

1. Menambah Vitalitas Pria

Banyak orang membeli obat kuat kimia untuk menambah vitalitas mereka, namun yang didapat malah efek samping yang tidak sehat. Mungkin merka belum tahu rahasia tanaman ini. Mengkonsumsi Jahe Merah secara rutin akan merangsang pelepasan hormone adrenalin.

Hal ini berdampak pada pelebaran pembuluh darah. Oleh karenanya tubuh menjadi hangat dan peredaran darah mengalir lebih lancar. Selain itu manfaat jahe merah untuk pria juga dapat mengatasi ejakulasi dini karena jahe mengandung unsur Cineole dan juga arginine.

2. Anti mual dan menyehatkan saluran cerna

Tidak hanya untuk vitalitas pria, manfaat jahe merah untuk kesehatan juga bisa kita ambil untuk menyehatkan saluran pencernaan kita. Jahe merah dapat berfungsi sebagai karminavatum yang bermanfaat untuk merangsang keluarnya gas dari perut. Oleh sebab itu Jahe Merah berkhasiat untuk anti mual dan mengobati masuk angin.

Disamping itu, kandungan enzim yang terdapat dalam Jahe Merah yaitu Protease dan lipase terbukti dapat memecah lemak dan protein sehingga akan membuat napsu makan bertambah. Jahe juga mengandung Aseton dan metanol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi pada saluran cerna dan mencegah peradangan.

3. Anti Pembengkakan

Manfaat jahe merah selanjutnya yaitu dapat berfungsi sebagai obat anti bengkak. Tidak banyak yang tahu penyakit singer’s nodule, yaitu sebuah pembengkakan yang terjadi pada pita suara karena pemakaian suara berlebih. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang banyak bicara dengan suara kras.

Gejala penyakit ini diantaranya suara serak dan kualitas suara menurun serta penderita tidak dapat mengeluarkan suara dalam waktu lama. Ternyata penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan jahe yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, minyak kayu putih dan juga sereh.

Jahe Merah mengatasi pembengkakan dengan cara menghambat aktifitas enzim siklooksigenesis dan lipooksigenase sehingga pembengkakan dapat menurun. Selain itu kandungan shogaol dan gingerol dapat memberikan efek analgesic sehingga mampu mengurangi rasa sakit di pembengkakan dan peradangan.

4. Menurunkan Hipertensi

Khasiat jahe merah yang lain yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sudah disebutkan diatas bahwa Jahe Merah memiliki fungsi untuk melepaskan hormone adrenalin yang dapat memperbesar pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu dalam beberapa penelitian menerangkan bahwa jahe merah memiliki sifat hipoglikemik yaitu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena di dalam jahe merah terdapat senyawa oles-resin.

Baca juga : 8 Makanan penurun tekanan darah tinggi

5. Mengobati Rematik & Sakit kepala

Manfaat jahe merah untuk kesehatan lainnya yaitu bisa kita gunakan untuk mengobati rematik dan juga sakit kepala. Jahe merah memiliki sifat dapat menghambat kerja aktifitas enzim siklooksigenesis dan lipooksigenase yang menyebabkan terjadinya pembengkakan. Selain itu ada juga shogaol serta gingerol perperan sebagai analgesik yang mampu mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, jahe merah cocok sekali untuk mengobati anda yang terkena rematik dan sakit kepala.

Adakah manfaat jahe merah lainnya ? Tentu saja ada. Banyak sekali khasiat atau manfaat yang bisa kita dapatkan dari rimpang jahe merah ini diantaranya dapat mengatasi perut kembung, radang tenggorokan serta nyeri otot. Jahe merah juga berkhasiat untuk melancarkan pernapasan, mengobati batuk berdahak dan juga dapat menambah napsu makan.

Baca juga : Inilah manfaat serat untuk kesehatan kita

1

No Responses

Write a response