manfaat kacang hijau

10 Manfaat Kacang Hijau Yang Belum Anda Ketahui

Kacang hijau, bahan pangan yang sering kita temukan dalam bentuk bubur ini memang merupakan makanan yang baik untuk kesehatan. Namun apa saja kandungan yang terdapat dalam kacang kecil berwarna hijau ini ? Mari kita simak lebih lengkap tentang manfaat kacang hijau dan kandungan gizinya di ulasan berikut ini.

Siapa yang tidak kenal dengan kacang berwarna hijau ini, ya, jenis kacang yang memiliki ukuran kecil ini dikenal dengan sebutkan kacang hijau. Di Indonesia kacang hijau memang menjadi primadona bahan pangan yang serbaguna. Bagaimana tidak, apapun bentuk kacang hijaunya bisa digunakan sebagai bahan makanan. Tidak salah memang kacang hijau juga memiliki julukan superfood.

Sebelum kita menguak lebih jauh tentang manfaat kacang hijau untuk kesehatan, ada baiknya kita ketahui seluk beluknya dulu. Kacang hijau termasuk jenis tanaman polong – polongan dari keluarga Legumioceae dan termasuk jenis tanaman dikotil. Bahan makanan ini sebenarnya sudah terkenal di berbagai negar di Asia, Afrika dan juga Amerika sebagai sumber protein nabati yang baik.

Meskipun demikian, kacang hijau masih dianggap remeh oleh sebagian masyarakat kita. Untuk meyakinkan anda akan banyaknya gizi yang terkandung di dalam kacang ini. Berikut ini saya tunjukkan tabel nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram kacang hijau.

Tabel Kandungan Gizi 100 Gr Kacang Hijau

NutrisiJumlah
Energi351 Kal
Protein22,2 gr
Lemak1,2 gr
Karbohidrat62,9 gr
Kalsium125 mg
Fosfor320 mg
Besi6,7 mg
Vitamin A47 mcg
Vitamin B1 (tiamin)0.64 mg
Vitamin C6 mg

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Masih ragu dengan khasiat kacang hijau ? Berikut ini kita simak beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari kacang kecil berwarna hijau ini.

1. Sebagai Sumber Eneregi

Manfaat yang terkandung dalam kacang ini sungguh luar biasa, kacang hijau merupakan salah satu sumber energi yang baik. Hal in karena kandungan Vitamin B1 yang terdapat di dalam kacang ini. Vitamin B1 merupakan bagian dari ekonzim yang memiliki fungsi dalam mengoksidasi karbohidrat menjadi energi. Kacang hijau berperan untuk meningkatkan kerja syaraf akibat oksidasi karbiohidrat yang terhambat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain terdapat kandungan Vitamin B1, kacang hijau juga mengandung cukup banyak asam lemak tak jenuh. Kita mengetahui bahwa asam lemak tak jenuh ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Oleh sebab itu, jika anda ingin memiliki jantung sehat, biasakan konsumsi kacang hijau sejak sekarang !

3. Sumber Serat Yang Baik

Masih belum yakin dengan banyaknya manfaat yang terkandung dalam kacang hijau ? Berikutnya, kacang hijau ternyata mampu mencegah BAB dan juga mencegah penyakit pada sistem pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang ada di dalam kacang hijau cukup banyak, sedangkan kita ketahui bahwa manfaat serat untuk tubuh kita salah satunya adalah untuk menyehatkan saluran perncernaan.

4. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang sedang menjalani program diet berat badan jangan lupakan kacang hijau dalam menu anda. Kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu mensukseskan diet anda. Makanan ini mengandung kadar lemak yang sangat rendah sehingga anda tidak perlu khawatir mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Seratnya juga akan membuat anda tetap kenyang.

5. Baik Untuk Perkembangan Bayi dan Balita

Tidak hanya baik untuk kesehatan orang dewasa, ternyata kacang hijau juga sangat baik untuk anak – anak, khususnya untuk tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu di Indonesia, anak – anak selalu diberikan bubur kacang hijau ketika selesai kegiatan posyandu. Hal ini karena kacang hijau mengandung dua lemak tak jenuh yang baik untuk perkembangan otak anak yaitu oleat dan linoleat serta linolenat.

6. Penambah Stamina

Diatas sedikit sudah kita singgung mengenai kandungan Vitamin B1 dan B2 yang terdapat pada kacang hijau. Dan Vitamin B1 merupakan zat yang dapat memaksimalkan pengubahan karbohidrat menjadi energi. Dari situlah kacang hijau kita kenal sebagai makanan pembangkit stamina dan juga sumber energi yang baik untuk tubuh kita.

7. Mencegah Kanker

Menurut ahli gizi Prof DR Ir Made Astawan, selain mengandung berbagai macam zat gizi, kacang hijau juga memiliki zat antigizi. Oleh sebab itu, kacang hijau perlu ditumbuhkan menjadi kecambah untuk menonaktifkan zat antigizi tersebut. Nah taoge inilah yang banyak mengandung Vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas seperti kanker.

8. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kacang hijau untuk kesuburan ternyata bukanlah sebuah mitos belaka. Telah diketahui bahwa kedelai yang ditumbuhkan menjadi kecambah (taoge) banyak mengandung Vitamnin E dan juga antioksidan untuk melindungi tubuh. Selain melindungi seluruh sel – sel tubuh, antioksidan yang terkandung dalam kacang hijau ini juga melindungi sel telur dan sel sperma dari gangguan radikal bebas yang mengakibatkan kecacatan. Nah, ternyata terbukti secara ilmiah kan ?

9. Kecantikan Wajah & Kulit

Tentu anda mengetahui nutrisi apa yang dibutuhkan oleh kulit dan wajah agar tetap segar dan bercahaya ? Tentu saja asupan Vitamin E. Nah, anda sudah mengetahui bukan, bahwa kacang hijau sarat akan kandungan Vitamin E. Hal ini diperkuat oleh Ir. G. A. Ari Agung M yang merupakan dosen Untag Surabaya, beliau menuturkan bahwa dalam 110 gr kacang hijau terkandung 345 kalori, 22 gr protein, 1,2 lemak dan sisanya vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk juga Vitamin yang baik untuk kecantikan kilit dan wajah.

10. Obat Beri – Beri

Satu hal yang mungkin banyak orang tidak menduganya. Ternyata kacang hijau juga dapat digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit termasuk juga Beri – Beri. Di dalam kacang hijau terkandung Vitamin B1 (Tiamin), zat tersebut dulu terkenal sebagai obat Beri – Beri. Meskipun sekarang sudah jarang digunakan.

Tidak akan ada habisnya kita mencoba untuk mencari tahu semua manfaat yang terkandung di dalam kacang hijau ini. Namun 10 manfaat kacang hijau yang sudah kita ulas diatas, semoga bisa menginspirasi dan menyadarkan kita, betapa banyak makanan di sekitar kita yang memiliki kandungan nutrisi lengkap dan mudah didapat. Sekian, semoga bermanfaat !

Bonus Aneka Resep Ramuan Kacang Hijau

Berikut ini kami kutipkan dari tulisan Drs. Didik Gunawan, Apt. S. U., yang merupakan dosen Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta :

1. Atasi Sakit Perut

# Bahan – Bahan :

  • 60 gr kacang hijau
  • 15 buah biji merica
  • 3 gr kayu manis
  • 3 gr pala,
  • 3 gr kapulaga,
  • 3 gr cengkeh
  • 2 ruas jahe,
  • 1 liter air

# Cara Membuat

  • Campurkan semua bahan – bahan tersebut dalam 1 liter air, masak hingga air menjadi 1/2 liter. Tunggu dingin dan saring dalam gelas. Sajikan dingin !

2. Obat Sakit Kepala

# Bahan – Bahan

  • 1 cangkir kacang hijau
  • 3 gelas air

# Cara Membuat 

  • Rebus kacang hijau dengan 3 gelas air hingga mendidih, biarkan hingga 15 menit dan tunggu hingga hangat (ruamg kuku). Minum hangat dan makan juga kacang hijaunya, lakukan dua kali sehari

3. Meningkatkan Gairah 

# Bahan – Bahan :

  • 30 gram kacang hijau
  • 2 ruas jahe
  • 15 gram merica
  • 15 gram adas
  • 15 gram pulosari
  • 15 gram kucai
  • 15 gram biji paria
  • 15 gram biji ketumbar
  • 600 ml air untuk merebus

# Cara Membuat 

  • Rebus semua bahan – bahan tersebut dengan 600 ml air hingga mendidih, biarkan dingin dan minum pagi dan sore hingga terasa khasiatnya.
6

No Responses

Write a response