manfaat labu siam untuk diet

Rahasia Manfaat Labu Siam Untuk Diet Berat Badan

Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari sayuran yang berwarna hijau dan sedikit berbulu. Tanaman ini merambat dan buahnya menggantung. Mudah dibudidayakan di pekarangan rumah. Itulah Labu Siam atau sering juga disebut Jipang. Diantara banyak manfaat ada satu yang ingin kita kupas di kesempatan ini, yaitu manfaat labu siam untuk diet.

Labu Siam merupakan suku labu – Labuan atau Cucurbitaceae, dalam bahasa inggris disebut dengan Chayote. Orang jawa khususnya daerah Yogyakarta menyebutnya dengan istilah Jipang. Buah ini termasuk jenis sayuran yang bisa dimakan dengan berbagai macam cara.

Orang Indonesia biasa memasaknya dengan cara merebusnya sebagai lalab sambal, atau menjadi bagian dari sayur bening dan juga bobor. Di Australia, labu siam diiris dan dibaluri tepung panir kemudian digoreng. Selain itu, labu siam juga merupakan jenis sayur yang nikmat dimasak oseng.

Nah, tahukah anda, dibalik peran penting Labu Siam sebagai bahan makanan yang kita konsumsi. Ternyata terdapat manfaat yang luar biasa, khususnya untuk anda yang memiliki keluhan dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Labu Ternyata dapat kita jadikan alternative diet berat badan yang cukup solutif.

Mungkin anda dan saya sendiri tidak menyangka bahwa jenis sayuran ini memiliki khasiat yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Pasalnya, dari sisi fisik, buah ini cenderung kurang rupawan dan tampak biasa saja. Namun sekali lagi, “don’t look the book from the cover”. Istilah yang tepat untuk sayuran ini.

Kandungan Labu Siam

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bagaimana manfaat labu siam untuk diet, akan lebih baik kita mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam Labu Siam, sehingga memiliki khasiat dan manfaat yang cukup mengherankan. Berikut ini anda bisa melihat kandungan tiap 100 gr yang sudah dierbus.

Tabel Kandungan Zat Yang Terdapat Pada Labu Siam

Kandungan ZatKadar
Karbohidrat5 gram
Kalori24
Protein1 gram
Serat3 gram
Vitamin C8 mg
Kalium173 mg
Natrium1 mg
Magnesium12 mg
Folat18 µg
Niasin0,4 mg
Vit B60,1 mg
Zat Besi0,2 mg
Phosphor29 mg
Seng0,3 mg

Manfaat Labu Siam Untuk Diet

Kalau kita lihat dari tabel diatas, labu siam memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu sekitar 24 kalori tiap 100 gram. Namun mengandung cukup banyak serat yaitu sekitar 3 gram dalam tiap 100 gram labu siam. Hal inilah yang digunakan oleh Dr. Cindiawaty Pudjiadi MARS, MS, Sp,GK dalam memaparkan bahwa labu siam merupakan solusi baik untuk anda yang mengalami masalah obesitas.

Untuk anda yang kebetulan memiliki keluhan obesitas atau kelebihan berat badan, labu siam bisa menjadi teman setia diet anda. Pasalnya, sayuran ini boleh dan aman anda konsumsi dalam jumlah banyak. Kandungan kalori yang kecil tidak akan membuat berat badan anda naik. Sedangkan serat yang tinggi membuat perut anda selalu kenyang.

Ketahui : Manfaat serat untuk kesehatan

Kemudian selain itu, serat yang tinggi pada labu siam akan membuat BAB menjadi lancar sehingga proses metabolisme di dalam tubuh kita maksimal. Itulah sebabnya, memasukkan labu siam dalam menu diet berat badan sangat efektif dan merupakan solusi yang baik.

Terlepas dari topik yang kita bicarakan, yaitu manfaat Labu Siam untuk diet, Labu Siam sendiri memiliki kadar kandungan kalium yang cukup. Berdasarkan penelitian yang ada, kalium yang terkandung dalam Labu Siam itu sendiri berkhasiat untuk untuk menurunkan tekanan darah. Jadi, selain baik untuk diet, Labu Siam juga merupakan salah satu alternatif makanan penurun tekanan darah tinggi.

Tips Memasak Labu Siam

Di awal sudah kita singgung sedikit mengenai berbagai macam kebiasaan cara orang mengkonsumsi labu siam. Namun menurut kaidah ilmu kesehatan gizi yang baik adalah dengan cara merebus tidak terlalu lama. Karena kandungan gizi dapat berkurang akibat proses memasak yang terlalu lama.

4

No Responses

Write a response