manfaat lidah buaya

Inilah Manfaat Lidah Buaya Yang Cukup Menakjupkan

Manfaat lidah buaya memang dikenal untuk menyehatkan rambut. Namun sudah ketinggalan zaman apabila anda berfikiran hanya itu. Lidah buaya kini merupakan salah satu primadona dari sekian banyak tanaman yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Lidah Buaya ternyata tidak hanya baik untuk rambut melainkan begitu banyak keluhan – keluhan khususnya kesehatan dapat diatasi dengan tanaman ini. Oleh karena itu, jangan lewatkan bahasan khusus kita kali ini tentang manfaat lidah buaya.

Berdasarkan dari beberapa sumber yang kami rujuk, lidah buaya dengan nama ilmiah Aloe Vera berasal dari bahasa arab yaitu Alloeh yang bermakna pahit. Hal ini karena apabila kita cicipi, lendir dari daging daun lidah buaya memang terasa pahit. Tanaman ini konon berasal dari padang pasir Afrika yang dikenal dengan Lily of the dessert atau tanaman lili padang pasir.

Menurut berbagai penelitian, terdapat ratusan jenis tanaman lidah buaya dan yang paling terkenal adalah lidah buaya yang sering kita lihat di sekitar kita yaitu Aloe Vera. Tanaman ini tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti di negara kita Indonesia. Namun di negara kita, belum banyak orang atau industri yang memanfaatkannya.

Kandungan Senyawa Penting Dalam Lidah Buaya

Seperti biasa, sebelum kita lebih jauh menguak manfaat lidah buaya, kita sebaiknya mengetahui lebih dulu apa saja kandungan zat yang terdapat dalam tanaman ini sehingga kita secara ilmiah, manfaat – manfaat lidah buaya nantinya akan bisa kita terima.

Tentunya telah dilakukan berbagai penelitian sehingga dapat mengetahui isi kandungan di dalam lidah buaya. Senyawa yang cukup menakjupkan yang terdapat di dalam tanaman ini yakni polisakarida mannan. Yaitu sebuah zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga berfungsi untuk membunuh berbagai macam virus.

Selain itu terdapat juga Prostaglandin yang memiliki peran penting dalam penyembuhan luka. Tidak berhenti sampai disitu, di dalam lidah buaya juga terdapat mineral, asam lemak, vitamin A, B, C, E, betakaroten, kasium, magnesium dan juga Fitosterol yang merupakan senyawa anti peradangan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Ternyata tidak hanya zaman sekarang, lidah buaya sudah dimanfaatkan sejak zaman Ratu Mesir Cleopatra dalam menjaga dan merawat kecantikannya. Konon Aleksander Agung juga berbekal lidah buaya ketika berperang sebagai obat luka – luka bagi para prajuritnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat lidah buaya yang bisa kita ambil untuk kesehatan tubuh kita.

1. Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Sekilas sudah saya sebutkan bahwa Lidah Buaya sudah dimanfaatkan sejak zaman sebelum masehi. Ratu Cleopatra memanfaatkannya untuk menjaga dan merawat kecantikan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Journal Of Alternative Medicine tahun 1990 bahwa ekstrak lidah buaya mampu memperbaiki elastisitas kulit yang rusak, menghambat proses penuiaan dan juga menutup pori – pori.

Sehingga lidah buaya sangat baik dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit dan wajah.
Sebuah resep yang mungkin belum anda ketahui, campuran lidah gel lidah buaya dan air jeruk lemon bisa dimanfaatkan sebagai lotion setelah mandi dengan khasiat untuk menghaluskan serta mencegah kulit yang keriput. Tidak percaya ? Silahkan anda coba sendiri dan lihat hasilnya !

2. Penyembuh Luka Luar

Manfaat Lidah Buaya lainnya yaitu sebagai obat luar, sebagaimana sudah saya ulas diatas bahwasanya Aleksander Agung pada saat berperang membawa perbekalan Lidah Buaya sebagai obat luka prajurit yang terkena senjata. Lendir Lidah Buaya yang dikupas bisa anda oleskan pada luka baik itu borok, luka lecet ataupun luka bakar. Senyawa Alocetin-B yang terkandung di dalam Lidah Buaya berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan memacu regenerasi sel, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

3. Meningkatkan Imunitas (Sistem Kekebalan Tubuh)

Sebagaimana kita ketahui, Lidah Buaya mengandung senyawa B 1-3 glucomannan dan B 1 -4 Glucomannan yang bisa merangsang macrophage. Memacu kerja sistem kekebalan tubuh untuk bekerja mengidentifikasi dan juga memusnahkan mikroorganisme patogen dan sel – sel berbahaya seperti tumor. Senyawa glucomannan tersebut memiliki sifat memacu produksi sel dan meningkatkan aktifitas sel – sel darah putih dalam mencegah datangnya penyakit.

4. Sebagai Obat Anti Peradangan

Manfaat Lidah Buaya selanjutnya yang tidak kita sangka adalah dapat berfungsi sebagai obat anti radang. Sebagaimana obat Cortisone lidah buaya berperan dalam mencegah peradangan. Hal ini terjadi secara alamiah karena Lidah Buaya mengandung senyawa Fitosterol yang mengambil peranan penting dalam pencegah peradangan.

5. Analgesik Alami

Analgesik merupakan obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara ilmiah, senyawa yang memiliki khasiat sebagai anti peradangan secara otomatis juga bermanfaat sebagai analgesik. Oleh sebab itu, tanaman Lidah Buaya dapat juga berfungsi sebagai alalgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit.

6. Baik Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Lidah Buaya juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat bekerja sebagai anti bakteri di dalam saluran cerna serta dapat meningkatkan penyerapan protein serta dapat meningkatkan kadar air pada feses. Oleh karena itu lidah buaya dapat melancarkan BAB dan juga menyehatkan saluran pencernaan dan pembuangan.

Baca juga : Manfaat Kacang Hijau yang belum Anda ketahui

Betapapun banyaknya manfaat Lidah Buaya, tetap saja terdapat kontraindikasinya. Untuk anda yang sedang hamil atau menyusui, mengidap radang susu buntu, wasir, ginjal dan juga sedang dalam proses pengobatan hendaknya berhati – hati jika ingin memanfaatkan lidah buaya sebagai obat yang dikonsumsi. Sekian, semoga bermanfaat !

5

No Responses

Write a response