manfaat serat

Yuk Perbanyak Makan Serat Agar Hidup Lebih Sehat !

Manfaat serat tidak banyak disadari oleh masyarakat kita. Buktinya belum banyak orang yang memenuhi standar kebutuhan serat dalam waktu sehari. Dikatakan bahwa konsumsi serat untuk masyarakat di Indonesia hanya 10,5 gram per hari.

Baru 1/3 dari jumlah kebutuhan serat yang dianjurkan setiap harinya yaitu 30 gram perhari. Hal inilah yang menyebabkan berbagai macam penyakit degenerative yang banyak diderita seperti gangguan jantung, diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi) juga penyakit seperti kanker.

Sebelum masuk lebih lanjut berbicara tentang manfaat serat bagi tubuh kita, sudah tahukah anda apa sebenarnya yang dimaksud dengan serat itu ? Menurut penuturan salah satu ahli gizi di Indonesia Prof. Dr. Ir. Made Astawan, Ms serat merupakan senyawa dalam bentuk karbohidrat kompleks yang umumnya banyak kita temukan pada dinding sel – sel tanaman daun, biji, akar dan buah.

Jenis Serat Berdasarkan Sifatnya.

Berdasarkan karakteristiknya, serat dibagi menjadi dua macam yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Keduanya memiliki pengaruh yang berbeda terhadap tubuh kita. Berikut penjelasan masing – masing.

1. Serat Larut Air

Seperti halnya namanya, serat larut air yaitu kelompok atau golongan serat yang dapat larut di dalam air. Salah satu karakteristiknya yaitu dapat membentuk gel dengan cara menyerap air. Manfaat serat pangan larut air ini yaitu memberikan rasa kenyang, karena di dalam saluran cerna akan membentuk gel sehingga volume makanan yang kita makan menjadi lebih besar.

Jenis serat larut air diantaranya yaitu pektin, musilase, gum, pesillium, agar – agar juga asam alginate. Manfaat serat larut air lainnya yaitu dapat mencegah terhadinya sembelit, menyerap lemak dan juga dalam penurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat ini juga berfungsi untuk mengikat produksi asam empedu yang berlebihan, lemak dan juga kolesterol kemudian mengeluarkannya dalam bentuk kotoran.

Untuk anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Serati ini juga cukup efektif dikonsumsi karena akan membuat anda kenyang lebih lama. Manfaat lainnya dari jenis serat ini yaitu dapat memperlambat porses pencernaan sehingga aliran energi di dalam tubuh dapat dikurangi.

2. Serat Tidak Larut Air

Berbeda dengan jenis serat yang larut di dalam air. Serat tidak larut merupakan kelompok atau jenis serat yang tidak bisa larut di dalam air dan juga di dalam saluran pencernaan. Sifat atau karakteristik dari jenis serat ini justru dapat menyerap air sehingga dapat meningkatkan volume feses (kotoran). Manfaatnya feses dapat dengan mudah dikelurkan dari saluran cerna.

Krakter atau sifat serat tidak larut air ini sangat baik untuk anda yang bermasalah dengan gangguan pencernaan karena kotoran tidak mengendap lama di dalam saluran cerna. Ada cukup banyak jenis serat yang termasuk dalam golongan serat tidak larut air diantaranya selulosa, hemiselulosa dan juga lignin.

Manfaat Serat Yang Lainnya

manfaat serat

Sebagaimana sudah kita singgung diatas, bahwa serat juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan lainnya. Penelitian oleh AICR (American Institut for Cancer) mendapati kesimpulan yang cukup menakjupkan yaitu apabila kebutuhan serat di dalam tubuh kita tercukupi dari jenis sayuran dan buah – buahan, maka hal ini dapat mengurangi resiko penyakit kanker usus hingga 40%.

Bagaimana bisa ? Penyebab kanker usus tidak lain adalah konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, protein, garam dan juga kolesterol. Selain itu, penyebab lainnya yaitu kurangnya vitamin C dan E serta betakaroten. Apabila kebutuhan serat dalam tubuh kita terpenuhi, maka secara otomatis kelebihan lemak, kolesterol garam dan lainnya dalam susu dapat diikat oleh serat dan dibuang melalui feses.

Manfaat serat bagi kesehatan lainnya yaitu dapat mencegah penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ada banyak sekali faktor yang dapat membuat seseorang memiliki tekanan darah tinggi salah satunya yaitu penyempitan pembuluh darah karena endapan kolesterol.

Selain itu hipertensi juga disebabkan oleh asupan natrium (garam) yang tinggi. Dari sini kita ketahui manfaat serat larut air yaitu dapat menyerap kolesterol dan juga garam berlebih di dalam usus. Anda dapat mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi yang mengandung banyak serat sperti buah dan sayuran.

Darimana kita dapatkan Serat ?

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat serat untuk tubuh kita, pertanyaanya adalah darimana kita bisa mendapatkan dan memenuhi kebutuhan serat kita sehari – hari ? Jawabnya tentu saja dari sumber serat. Ada cukup banyak bahan pangan yang bisa konsumsi sebagai sumber serat diantaranya yaitu buah – buahan, sayuran, kacang – kacangan dan juga serealia.

Sumber SeratJumlah Tiap 100g
Daun Kelor4.53
Kacang Panjang3.34
Bayam3.28
Kecipir2.94
Brokoli2.63
Pare2.59
Daun Talas2.53
Pisang1.6
Nanas1.46
Jeruk1.08
Mangga1.06
Pepaya0.91

Baca juga : Manfaat buah Bit untuk kesehatan

18

No Responses

Write a response