Nyeri Panggul

Redakan Nyeri Panggul Dengan 3 Latihan Dasar Berikut Ini

Nyeri panggul, pernahkah anda merasakannya ? Keluhan nyeri pada panggul biasanya dirasakan pada orang yang sudah berumur. Dan umumnya ini dikeluhkan oleh kaum wanita. Nyeri panggul merupakan rasa sakit yang dirasakan di daerah panggul dengan gejala yang bermacam – macam seperti pegal, linu, ngilu dan juga rasa seperti teratrik atau terkadang juga seperti terbakar.

Nyeri panggul yang dialami oleh seseorang yang sudah berumur kebanyakan karena faktor biomekanik yang membuat panggul menanggung beban berlebihan. Keadaan yang berlangsung lama dan terus menerus akan menyebabkan peradangan dan inilah yang menimbulkan rasa nyeri.

Terlebih lagi di usia senja kebanyakan persendian sudah mengalami perubahan bentuk sehingga beban tidak terdistribusi secara merata. Inilah diantara hal yang menjadi penyebab nyeri panggul.
Nyeri panggul itu sendiri berasal dari sendi yang ada di panggul. Selain itu, nyeri ini juga bisa disebabkan dari otot – toto, ligament, tendon ataupun jaringan lunak lainnya yang berada di sekitar sendi panggul.

Kita tidak bisa mengabaikan nyeri panggul ini karena jelas cukup mengganggu dan yang pasti hal ini akan menurunkan kualitas hidup. Seseorang yang mengalami nyeri panggul kerap kali merasa kesakitan hingga tidak bisa berjalan, bahkan terkadang ada yang terasa hingga ke bagian punggung sebelah bawah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Adakah pengobatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi nyeri panggul tersebut ? Terdapat beberapa metode penyembuhan yang biasanya dilakukan, khususnya untuk menghilangkan penyebab dan peradangan pada sendi tersebut. Selain itu, beberapa latihan ringan bisa juga jadi alternative untuk mengurangi rasa sakit.

1. Latihan Peregangan

nyeri panggul

Latihan ini tidak hanya untuk orang yang sudah mengalami nyeri panggul. Akan tetapi, bisa juga anda lakukan meskipun anda tidak mengalami nyeri sendi. Peregangan bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan dan mengurangi resiko yang lebih berat. Sebelum melakukan peregangan ada baiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Peregangan dilakukan dengan benar – benar hingga terasa tarikan pada otot – otot yang anda regangkan. Lakukan dan tahan hingga 15 – 20 detik untuk setiap latihan peregangan. Anda bisa mengulangi geranak tersebut 3 hingga 5 kali.

2. Latihan Keseimbangan

Keseimbangan merupakan salah satu jenis latihan penguatan yang juga berkaitan dengan latihan sebelumnya. Untuk anda yang sudah berusia lanjut, lakukan latihan keseimbangan yang ringan saja, gunakan bantuan meja atau kursi untuk berpegangan. Bila anda merasa sudah bisa, bisa ditingkatkan pada latihan keseimbangan yang lebih sulit lagi seperti mengangkat satu kaki dengan berpegangan dengan satu jari pada meja atau kursi.

Kemudian setelah dirasa mudah anda bisa lanjutkan dengan tanpa berpegangan, selanjutnya bisa ditambah dengan menutup mata.

3. Latihan Penguatan

Apa yang dimaksud dengan latihan penguatan ? Latihan ini terdiri dari tiga jenjang. Yaitu latihan dasar, lanjut dan latihan terampil. Latihan penguatan tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda cukp melakukannya 1 hingga 3 kali dalam sepekan.

Latihan seperti apa yang bisa dilakukan ?

  • Penguatan otot paha bagian dalam
    Anda bisa tidur terlentang, dan letakan bola diantara kedua lutut anda. Tekan dengan lutut anda bola tersebut sekuat mungkin dan tahan dalam hitungan 5 sampai 10 detik.
  • Otot Paha Luar
    Melatih otot paha bagian luar bisa anda lakukan dengan tidur miring, semua anggota badan lurus kemudian angkat kaki ke atas sekuat anda, tahan dalam 2 hitungan dan ulangi lagi hingga 10 kali
  • Otot Paha bagian luar dengan berdiri
    Sama seperti latihan otot paha luar dengan terlentang, hanya saja sekarang posisinya berdiri.

Nyeri Panggul merupakan satu penyakit yang cukup banyak dirasakan seseorang, terlebih lagi ketika memasuki usia lanjut. Nah, silahkan lakukan beberapa cara mengatasi nyeri panggul seperti diatas, semoga bisa bermanfaat !

3

No Responses

Write a response