pengertian oximeter

Berkenalan Dengan Alat Ukur Kadar Oksigen Dalam Darah Pulse Oximeter

Oximeter diambil dari kata “oxygen” yang berarti oksigen dan “meter” yang dapat diatrikan sebagai alat ukur. Jadi Oximeter dapat kita pahami sebagai alat pengukur kadar Oksigen. Yakni Oksigen yang terdapat di dalam darah. Untuk apa ini dilakukan dan bagaimana pengaplikasiannya ? Yuk kita bahas pada kesempatan kali ini.

Sebagaimana kita ketahui, Oksigen merupakan satu unsur yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup di dunia ini, termasuk kita manusia. Setiap saat sel – sel dalam seluruh bagian tubuh kita membutuhkan oksigen untuk regenerasi, bila sebentar saja sel tersebut tidak mendapatkan oksigen, maka akan berakibat fatal.

Oleh sebab itu, oksigen sangat berpengaruh dalam kesehatan kita. Oximeter merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh kita. Tepatnya di dalam darah. Hal in yang membuat alat ini cukup penting dan harus ada di rumah sakit ataupun pusat layanan medis sejenisnya.

Pengertian Oximeter

Sedikit banyak, paragraf pembuka diatas sudah memberikan pemahaman kepada kita tentang definisi Oximeter. Yaitu sebuah alat medis yang berfungsi untuk mengukur kadar unsur oksigen dalam darah, dan juga kepekatannya serta dapat juga digunakan untuk menghitung denyut nadi.

Cara Kerja Oximeter

Sebenarnya, bagaimana sih cara kerja Oximeter ini sehingga alat ini dapat mengetahui kadar oksigen dalam darah yang letaknya di dalam tubuh kita ? Oksimeter bekerja dengan memanfaatkan sinar inframerah yang dapat menembus permukaan kulit hingga ke dalam pembuluh darah.

Kalau kita lihat bagian – bagian Oximeter, maka kita dapat melihat ada beberapa komponen yang terdapat di dalamnya diantaranya : pemancara sinar inframerah dan cahaya merah, sensor penangkap inframerah, dan juga mikro kontroler untuk mengolah intensitas cahaya sehingga dapat menampilkan kadar oksigen dalam darah.

Cahaya infra merah yang dipancarkan melewati pembuluh darah dan menembus hemoglobin memiliki intensitas yang berbeda antara hemoglobin yang mengandung banyak oksigen atau yang memiliki sedikit oksigen. Dua data tersebut dibandingkan oleh mikro kontroler yang akhirnya diperoleh hasil berupa prosentase oksigen dalam darah yang terukur.

Kapan Alat Oximeter Diperlukan ?

Apakah kita yang normal membutuhkan alat Oximeter ? Bisa iya bisa tidak. Kenapa demikian ? Kalau hanya sekedar untuk ingin tahu berapa kadar oksigen dalam darah kita, tidak mengapa bukan. Namun yang terpenting adalah ketika seorang pasien dalam kondisi tertentu dimana harus terus dipantau kadar oksigen dalam darahnya.

Beriut ini beberapa opsi dimana alat oximeter perlu dipasang pada pasien :

  • Pasien yang menggunakan obat penenang saat operasi bedah
  • Pasien yang sedang dalam pengobatan penyakit paru untuk memantau kinerja obat
  • Untuk mengecek kinerja ventilator yang terpasang pada pasien
  • Pada saat Analisa dan pengobatan penderita sleep apnea

Terkadang alat Oximeter juga dipasang untuk pasien dengan penyakit kronis seperti gagal jantung, PPOK, Penyakit kanker paru dan juga infeksi paru (pneumonia).

Bagaimana Cara Penggunaan Oximeter ?

Pada dasarnya, alat ini dpat digunakan dengan sangat mudah. Bahkan kita yang merupakan orang awam pun dapat menggunakannya tanpa perlu belajar. Unit Oximeter umumnya berbentuk seperti penjepit terkecuali yang terpasang pada unit Pasien monitor.

Berikut ini langkah – langah menggunakan Oximeter :

  • Bersihkan jari yang nantinya akan dipasang oksimeter dari segala macam kotoran dan lain sebagainya yang dapat menghambat cahaya masuk ke dalam
  • Nyalakan oksimeter dan pastikan dalam keadaan siap (standby)
  • Pasang Oximeter dengan cara menjepitkan pada jari yang sudah dibersihkan tadi
  • Tunggu beberapa detik, dan kita bisa langsung melihat hasilnya di layar display.
  • Umumnya kadar normal oksigen dalam darah bernila 95%. Bila kurang dari 75% berarti kadar oksigen dalam darah anda tidak normal.

Dimana Membeli Oksimeter ?

Alat ini cukup mudah didapatkan, anda bisa membelinya di toko atau Distributor Alat Kesehatan terdekat. Namun umumnya alat ini tidak cocok untuk digunakan secara pribadi karena kita tidak bisa langsung memvonis ketika pengukuran menunjukkan kadar oksigen dalam darah kita kurang. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya dan itu tidak semua merupakan indikasi penyakit berbahaya.

Nah itulah tadi sedikit bahasan singkat mengenai alat Oximeter sebagai alat ukur kadar oksigen di dalam darah. Terus ikuti informasi update lain seputar alat kesehatan di blogosehat.com. Sekian dan selamat beraktifitas.

4

No Responses

Write a response