ventrikel fibrilasi

Apa Itu Ventrikel Fibrilasi ? Baca Selangkapnya Di Sini

Ventrikel Fibrilasi atau Fibrilasi Ventrikel merupakan satu istilah yang tidak banyak orang mengetahuinya. Istilah tersebut merupakan istilah dunia medis yang erat kaitannya dengan penyakit gangguan jantung. Kebanyakan orang awam hanya tahu Penyakit Jantung. Padalah, ada banyak sekali  macam dan jenis gangguan jantung salah satunya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Oleh sebab itu, jangan alihkan pandangan anda dan teruslah membaca.

Pengertian Ventrikel Fibrilasi

Sebelum kita mengupas lebih jauh tentang penyakit ini ada baiknya kita ketahui dulu definisi atau pengertian fibrilasi ventrikel. Diambil dari dua kata Ventrikel dan Fibrilasi. Ventrikel adalah salah satu bagian jantung manusia. Sedangkan Fibrilasi bermanka getaran. Jadi secara bahasa bisa kita artikan getaran satu bagian jantung.

Dalam dunia medis, Vibrilasi Ventrikel yaitu satu gangguan irama jantung dimana jantung berdetak dengan sangat cepat (mengalami fibrilasi) dan aktifitas kelistrikan yang tidak teratur.

Pada saat seperti ini jantung hanya bergetar cepat dan tidak dapat menjalankan fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh. Seringkali hal ini juga diiringi dengan penuunan tekanan darah yang drastis sehingga pasokan darah ke seluruh tubuh terganggu.

Gangguan jantung ini merupakan kondisi yang cukup serius bahkan korban dapat kehilangan kesadaran dalam hitungan detik. Apabila tidak segera ditangani dengan cepat kemungkinan fatal bisa terjadi termasuk kematian mendadak. Oleh sebab itu, hal seperti ini perlu diwaspadai oleh semua orang.

Gejala Ventrikel Fibrilasi

ventrikel fibrilasi

Untuk mengenal lebih jauh mengenai gangguan ini, mari kita kenali gejala – gejalanya terlebih dahulu. Biasanya orang yang mengalami gangguan ini dapat kehilangan kesadarannya dalam waktu cepat. Dan apabila dianalisa menggunakan alat EKG maka akan didapatkan sinus takikardia pada Ventrikel. Berikut beberapa gejala yang umum dialami :

  • Detak jantung cepat (takikardia)
  • Nyeri di bagian dada
  • Pusing dan mual
  • Sesak nafas
  • Kehilangan kesadaran dengan cepat

Penyebab dan Faktor Resiko Fibrilasi Ventrikel

Setiap gangguan yang terjadi pada manusia atau penyakit tentu ada sebab dan pemicunya. Demikian juga dengan gangguan ini. Ada penyebab dan ada faktor resikonya. Berikut ini diantaranya :

Penyebab :

  • Adanya gangguan kelistrikan pada jantung
  • Riwayat serangan jantung yang sebelumnya pernah terjadi
  • Sinus takikardia pada Ventrikel jantung
  • Sebagian besar tidak diketahui secara pasti penyebabnya

Faktor Resiko :

Umumnya penyakit – penyakit yang terjadi pada organ jantung memiliki faktor resiko terjadinya. Dan ini tidak terjadi pada kebanyakan orang. Berikut diantaranya :

  • Kelainan jantung bawaan
  • Kelainan pada otot jantung
  • Pengguna obat – obatan terlarang
  • Cidera fisik bagian dalam hingga merusak otot jantung
  • Gangguan keseimbangan pada elektrolit di dalam tubuh yang mempengaruhi kerja jantung

Penanganan Ventrikel Fibrilasi

Fibrilasi Ventrikel merupakan kondisi gawat darurat dimana harus segera ditangani secepatnya. Kita mengetahui bahwa apabila jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh, maka sel – sel otak akan kekurangan pasokan oksigen. Apabila dibiarkan dapat terjadi hal yang fatal hingga kematian. Berikut ini beberapa penanganan Ventrikel Fibrilasi yang harus dilakukan :

  • Resusitasi Jantung Paru (RJP) – Yaitu satu tindakan memompa bagian dada kiri dengan tangan dan sekaligus memasukkan udara melalui mulut dan atau hidung korban dengan menggunakan alat ataupun secara langsung. Tindakan ini dapat membuat aliran darah tetap berjalan sebagaimana yang dilakukan oleh jantung pada saat normal. Sehingga sel – sel otak tetap bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.
  • Defibrilasi (Kejut Jantung) – Tindakan ini dilakukan dengan cara memberi kejutan listrik melalui dada dengan tujuan menghentikan getaran jantung yang cepat sehingga jantung akan kembali berdetak dengan normal. Alat yang digunakan disebut Defibrillator.

Di Negara maju, Ventrikel Fibrilasi atau gangguan irama jantung ini telah disadari dapat menyerang orang dimanapun dan kapanpun. Oleh sebab itu, ditempat – tempat publik wajib disediakan alat defibrillator otomatis (AED) yang dapat digunakan oleh siapa saja ketika kondisi seperti ini terjadi sembari mendapatkan pertolongan dari tenaga medis. Alat ini dapat dibeli di toko alat medis dengan hagra yang cukup mahal. Bahkan sekarang ini banyak yang jual defibrillator secara online dengan berbagai macam model dan tipe.

Mencegah Gangguan Ventrikel Fibrilasi

Apakah penyakit ini dapat dicegah ? Biasanya tindakan pencegahan dilakukan dengan cara menganalisa lebih dalam apa yang menyebabkan terjadinya fibrilasi ventrikel pada pasien. Adakah perubahan struktur pada jantung, apakah terdapat gangguan kelistrikan, atau yang lainnya. Beberapa tindakan pencegahan yang dilakukan seperti pemasangan implan defibrillator, pengobatan dan juga Angioplsti coroner.

Nah, itulah sedikit ulasan singkat mengenai gangguan jantung yang disebut Ventrikel Fibrilasi. Betapapun, penyakit dan gangguan pada jantung bisa kita antisipasi dengan menu makanan yang sehat untuk jantung sebagai alternatif yang baik. Sekian, semoga bermanfaat !

Baca juga : Makanan sehat yang baik untuk jantung

28

No Responses

Write a response